This topic is closed
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Dewa Fa Kong

    Ada yang pernah mendengar Dewa Fa Kong (bahasa khek), matanya ada tiga seperti Dewa ELS dan memegang pusaka seperti piramida kristal. katanya adalah Dewa Api, biasanya ritual barongsai dulu harus meminta "izin" dan tunduk pada Dewa ini, cerita orang tua dulunya. Ada info tentang Dewa ini? thanks.

    salam Siu Tao

  • #2
    Hi Zoom, wah kurang tahu juga sih kalau bahasa khek... Btw, apakah itu dewa lokal :?: :?: Maksudnya bisa dewa yang hanya disembah orang khek saja :?: :?:
    Soalnya memang banyak dewa2 yang disembah khususnya di daerah Bagan dan Bangka yang bukan merupakan dewa yang umum.... Karena para dewa tersebut hanya disembah oleh para orang yang lok thung, dan juga pemain baraongsai seperti katamu itu :?: :?:
    Apakah kamu mengetahui dewa itu dari daerahmu di Bangka :?: :?:

    tQ

    Comment


    • #3
      Originally posted by DaoRen
      Hi Zoom, wah kurang tahu juga sih kalau bahasa khek... Btw, apakah itu dewa lokal :?: :?: Maksudnya bisa dewa yang hanya disembah orang khek saja :?: :?:
      Soalnya memang banyak dewa2 yang disembah khususnya di daerah Bagan dan Bangka yang bukan merupakan dewa yang umum.... Karena para dewa tersebut hanya disembah oleh para orang yang lok thung, dan juga pemain baraongsai seperti katamu itu :?: :?:
      Apakah kamu mengetahui dewa itu dari daerahmu di Bangka :?: :?:

      tQ
      Daoren, saya ada lihat patung Dewa itu di kelenteng di Ancol, Pasir Putih, anda pernah ke sana?saya tahu namanya dari teman orang khek soalnya di sana saya lihat tidak tertulis nama Dewa tsb.

      salam SiuTao

      Comment


      • #4
        wah kl Dewa Kwan Kong g tau, kalo Fa Kong ga pernah denger tuh...
        Bentuk patungnya gimana tuh Zoom? Kalo selain di Ancol ada lagi ga :?: :?:

        Comment


        • #5
          Originally posted by mirianto
          wah kl Dewa Kwan Kong g tau, kalo Fa Kong ga pernah denger tuh...
          Bentuk patungnya gimana tuh Zoom? Kalo selain di Ancol ada lagi ga :?: :?:
          Kayaknya cuma gua lihat di Ancol, bentuk patungnya seperti yang saya terangkan di atas. Gua kirain ELS, ternyata bukan.

          Salam ST

          Comment


          • #6
            ada fotonya ga? posting aja disini coba, biar yg belon pernah liat bisa tahu.... sapa tau yg ga tau bahasa khek tau nama dewa di bahasa mandarinnya ???
            jgn2 itu dewa ELS jg, cm dalam bentuk dan rupa yg beda...
            soalnya byk khan 1 dewa tp digambar dlm byk rupa

            Comment


            • #7
              Mir, ada waktu kesana aja, murah kok, U isi bensin kendaraan loe and trus kesono, gak usah bayar kok pintu masuknya. Klo parkir ya harus.

              Comment


              • #8
                ok deh, gmn kl kita pergi bareng aja??? loe usulin ke muda/i kalo jalan2 keliling klenteng, klenteng jakarta jg harus dikelilingi tuh......
                OK ga tuh???
                ad info lg ga Zoom?
                G ol khan spt yg udah g blg ke loe tadi ???

                Comment


                • #9
                  Ta Cia Sie Tao Hao :P :P
                  Oh ya patung dewa Fa Kung bnyk koq di jual di toko2 patung & alat sembahyang. Ada yang juga bentuknya jarum dan ujungnya berupa patung kepalanya doang berjumlah 5 buah (yang jelas salah satu dari 5 patung dewa itu adalah Fak Kung) dan biasanya dipake orang2 lokthung untuk menusuk pipinya. Kalo dewa yang matanya 3 selain ELS dan Fak Kung masih ada lagi lo klo gk salah namanya Cung Thian Ta Ti (berkumis dan berjanggut serta berpakaian pejabat) ada di salah satu klenteng di daerah tembok baru Palembang. :P :P

                  Comment


                  • #10
                    Saya pernah lihat patungnya. Bawa tombak, matanya tiga, tangan kirinya bawa sesuatu kayak piramida khan? Ada juga versi yang sedang duduk tanpa bawa tombak and piramida.

                    Namanya Yuhuang Da Tianzun. Tapi ga jelas ya apa hubungannya dengan Yuhuang Dadi.

                    Btw, ada yang tahu tentang Gantian Dadi ga? pake baju perang, bawa pedang di tangan kanan, dia nginjek macan. jenggotnya putih panjang.

                    Satu lagi, ada yang mau gambar 18 generasi dari Yuhuang Dadi ga? jadi itu lukisan Yuhuang yang pertama sampe yang ke-18. Dapet nemu di internet (he he he... gw hoby koleksi lukisan/gambar Dewa/i, hoby bikin lukisannya juga), ato ada yang udah punya?


                    Zhunin Shenti Ankang, Jixiang Yuanman Ruyi, Xiudao Jinbu ^.^

                    Comment


                    • #11
                      Halo xuanyuan mau dong....:D :D :D :D Gw jg ada foto patung dewa yang gw sebutin td matanya 3 berpakaian pejabat, tukeran aja mau gak??
                      Cao Kung Ming bukan, salah satu Chai Shen yang nginjek di macan, baju perang, dan pegang pedang jg (tp jenggotnya gak tau warna item ato putih hehe... :lol: :lol:

                      Comment


                      • #12
                        heu heu heu.... foto Shen? banyaaak dari yg foto patung ampe yg lukisan. Dari Sanqing ampe YueLao. almost lengkap la.

                        Jelas2 tadi gw bilang Gantian Dadi (emang gw bilang Zhao Gongming gitu?). Caishen ada 3, Wen Caishen, Wu Caishen, & Bian Caishen. (nah Zhao Gongming ini Wu Caishen, Dewa Kekayaan Militer. Tapi ada juga yang nganggep Guan Digong sbg Wu Caishen juga)

                        Lukisan Dewa/i juga ada. klo mau dibikinin ya boleh2 aja :) klo gw ga tau bawa skalian contohnya :)

                        Comment


                        • #13
                          Hi Xuanyuan, udah aku minta gambar Yuhuang Dadi mu aja.... :roll: :roll: gmn?? hehe... :lol: :lol:
                          Wah gw jg gk tau sblmny, hbsny ciri2 nya mirip dngn cao gong ming seh.. :lol:
                          Klo Wu Chai Shen dan Bian Chai Sen dewa kekayaan apa?? :o :o

                          Comment


                          • #14
                            Hi Jian shu dan Xuan Yuan, ada ceritanya gak tentang dewa ini? Kalau coba ngenal Dewa biasanya lebih gampang patokannya adalah lihat pusaka yang Dewa itu pegang, soalnya tiap daerah bikin patung Dewa sama dengan sosok yang berbeda tapi biasanya pusakanya pasti sama.

                            Salam ST

                            Comment


                            • #15
                              Doh kok ga bisa attach file sich disini?! piye to iki? padahal khan klo bisa lebih gampang. Shixiong Admin?! kok ora oleh yo?

                              Padahal sudah tak bawain foldernya semua. lengkap blass. Ya sudah, buat yang mau gambar2nya kasih tau alamat mailnya donk. Tak kirim via mail aja ya.

                              Xiexie...
                              Xuanyuan

                              Zhunin Shenti Ankang, Jixiang Yuanman Ruyi, Xiudao Jinbu ^.^[/url]

                              Comment

                              Working...
                              X

                              Fatal error: Uncaught Database error in vBulletin 5.0.4: Invalid SQL: /** saveDbCache */ SELECT * FROM vbstc_cacheevent WHERE cacheid IN ('channelperms_1','vb_readperms','getSearchResults_a65f594bf3b68b89d43a012efc738f06','pageNav_3','vbnodetext1973_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_1973_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22912_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22912_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22919_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22919_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22921_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22921_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22925_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22925_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22927_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22927_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext22929_6_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_22929_6_0:e38af25796de1237119d539f3 in /home/siutaoc/public_html/community/core/vb/database.php on line 1191