This topic is closed
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Menghilangkan Sifat CURIGA BERLEBIHAN, gimana yah caranya??????

    Curiga bagi sebagian orang boleh2 aja, namanya juga MAWAS DIRI. Sikap curiga itu berarti adalah sikap kehati-hatian dari kita terhadap orang lain.

    Namun, gue juga sering kali ngeliat orang yg punya sifat CURIGA BERLEBIHAN. Menurut gue sih itu udah bener2 keterlaluan banget. Dan bisa dibilang itu udah merupakan salah satu penyakit jiwa selain SAKIT GILA..... Mungkin cmn beda tipis ama GILA...

    Sikap CURIGA BERLEBIHAN itu misalnya aja, selalu menilai tulisan orang itu punya maksud buruk dan ingin merusak suasana. Baik itu ngerusak suasana diskusi, ataupun suasana hati dia, yang dianggap bisa mengganggu keamanan diri dia.

    Akibat lebih jauh lagi, sikap CURIGA BERLEBIHAN itu adalah bukan cuman menuduh yang kemudian bisa jadi ga bener, tapi dari tuduhan-tuduhan itu kemudian bisa berubah jadi FITNAHAN....

    Contoh nyata aja misalnya, ada user di sini, yang gue liat bener2 lucu tingkah lakunya. Baru ada yg nulis Lao Zi tidak disebut nabi, lsg aja dicap ada maksud tertentu. Begitu juga dgn si Klasik, padahal cuman masalah sepele. Klasik ngaku di Singapore, orang itu ga percaya, malah tanpa tendeng aling langsung nuduh si Klasik itu cuman salah satu pelarian dari bonek Suroboyo saja.

    Nyatanya? Setelah itu user yang nulis soal nabi itu bilang nggak punya maksud kayak gitu, dan Klasik setelah gue tanya, ternyata dia dari ujung kulon, bukan Surabaya.... Nah loh, kalo udah kayak gitu mau gimana lagi?

    Nah, biar sikap CURIGA BERLEBIHAN itu ga ada, kita sebagai taoyu itu musti gimana?

  • #2
    nibrung ya ........
    menghilangkan menurut saya amat susah, leluhur mengajarkan kepraktisan :
    gembira, marah, sedih dan senang kalau belum timbul dinamai tengah/zhong, kalau udah timbul dan masih dalam batas batas tengah dinamai harmonis/he.
    Pengertiannya: Emosi/Qing/perasaan termasuk Curiga : bagi leluhur tionghoa bukan/sukar untuk dihilangkan tapi ditempatkan pada proporsinya. (mungkin inilah salah satu titik pandang soal mengatasi emosi/persoalan hidup) yang berbeda antara kaum Ru(KHC)+Dao sebagai paham aseli orang Tionghoa di suatu sisi dibandingkan dengan Shi/Fo (Buddhisme) di lain sisi, Leluhur mengajarkan : nafsu/perasaan/qing tidak perlu diumbar meluap-luap juga tidak untuk dipendam sendiri (dihilangkan), dalam batas-batas tetentu (harmoni) qing dapat diungkapkan dengan wajar, jadi kiranya sesuai dengan pengertian menjalani hidup secara Alamiah/Dao. Kalau mungkin emosi ini scope-nya lebih luas, yakni terkait dengan orang lain, maka dapat diambil tindakan didiskusikan dengan baik-baik, atau meminta pertimbangan ke pihak yang lebih dewasa/tua cara pandangnya, bukankah kita keturunan Fuxi/Shennong/Huangdi ini mengenal dengan baik Zun lao "Menghargai yang tua"?. Dari perenungan akan nasehat orang lain atau mungkin dari sumber info-info lain akan kita masuki tahap mawas diri/innstrospeksi diri, dan mudah-mudahan dengan demikian akan diperolehi jalan keluar. Dalam hal curiga berlebihan mungkin akan lebih gampang lagi jika kita lihat dengan pada masalahnya : "berlebihan". Caranya, yaaaaaaa jangan berlebihan......Itulah Jalan Tengah Zhongyong, yang mana saya pun sedang berusaha menjalaninya, belom mencapai. Ok ? kamsia ya..........30 Mei 2008, changqi.

    Comment


    • #3
      Da Jia Xue Dao Hao

      Oopss..saya mau jawab pertanyaannya, tapi ngak mau mengkaitkan dengan cerita diatas, soale lama2 jadi gatal juga nehh..kalo 2 orang yang bertikai ini nyata ada di depan saya, pasti masing2 sudah saya beri golok supaya bacok2an aja langsung, seru! dulu saya suka lihat itu sewaktu sering ke Cidolog-Jampg, Skbm jaman masih punya kebun vaneli disana, huehehe... :D

      Ok, saya coba jawab ya..
      Cara menghilangkan sifat curiga berlebihan adalah dengan cara berusaha selalu berpikir positif & selalu berusaha beritikad baik pada semua orang :)
      Bener ngak tuh?

      Salam hangat:)
      Xue Dao Da Jia Hao

      Comment


      • #4
        Yang lebih parah: Mencurigai orang lain bercuriga berlebihan!
        Inilah sifat CURIGA BERLEBIHAN yang sejati!

        Menghilangkannya gimana ??? Gampang sekali ....... : JANGAN INGIN CURIGA BERLEBIHAN ! itu saja koq susah amat sih ???

        Salam Tao,
        Semoga sadar, buanglah rasa curiga berlebihan, lapangkan dada,. .... dst.

        Comment


        • #5
          wei Leon,

          bener banget tuh emang yg paling parah tuh mencurigai orang bercurigai berlebihan. Itu emang bener2 bahaya, nah makanya gue bikin topik ini karna kayaknya emang sifat curiga itu makin lama makin jadi fenomena di masyarakat kita.

          Nah, supaya jangan ingin curiga berlebihan itu yang gimana caranya?

          Salam Hangat Tao. XIE SEN EN

          Comment


          • #6
            hallo tcxth,,, hallo semua.. hehe
            Kalo kita ga mau punya sikap curiga berlebihan .... ya kita harus berfikir... ini kan website dunia maya... dimana semua orang disini memakai nickname.... dan bebas berpendapat... lantas apa yang kita curahkan melalui tulisan disini adalah untuk memajukan website ini (jika kita adalah toyu yg bener 2 mau membantu mengembangkan web site ini)... Jadi ya biarlah orang 2 disini bebas mencurahkan pendapatnya masing2... jika bisa di jawab dan diambil jalan tengahya ya baik sekali..... Yang lucunya adalah kok jadi ribut sih... rasanya ga pantas loh... ribut di dunia maya seperti ini ... ga ada gunaya kok... hanya bikin website ini tambah buruk saja dan tak sedap di baca lagi....percuma saja saya membaca ke website ini... ga ada yagn bisa dipelajari lagi...
            Coba kita renungkan dengan baik.................... xie xie

            Comment


            • #7
              tak tanya bro username ya.
              gimana/apa beda curiga berlebihan dng kewaspadaan tinggi?
              tul bro lhc, berantem2 itu siapapun yg menang, tetap rugi web ini. so peace ya bro 2 yg lg musuhan. :)

              Comment


              • #8
                Ketika ada orang mengulurkan tangan mengajak kerjasama, ia curiga terhadap kemungkinan2 penipuan. Ketika ada suatu perubahan kearah kebaikan , ia mengatakan "Hati2 ada maksud tertentu".

                Simpatik, terbuka , jujur, ramah, rendah hati, banyak senyum, mau mencerna perkataan orang lain , penuh perhatian, sabar, murah hati, tidak membeda2kan, adil dan tegas merupakan modal berharga dalam perjalanan jadi manusia bijak.

                Comment


                • #9
                  Ta Chia Siek Tao Hao,

                  Hallo klasik, ketika akhirnya ketahuan dia memanipulasi ID dan berbohong apakah itu bukan hasil kewaspadaan yg sesungguhnya! Dan ketika ada yg cuma ngomong doank, pakai bilang kalau yg ditaoying melebihi 10 orang, sudah masuk rekord baru, apakah dia itu taoyu yg sebenarnya!?! ........... ha... ha... ha :cool:

                  Belang2 seperti ini, jamak terjadi di forum internetan, jadi kalau mau berkontribusi silahkan berbuat yg nyata saja kayak username begitu, jangan diteruskan gaya begundalan kamu itu!!! ............ ha... ha... ha :sure:

                  Salam hangat TAO. XIE SHEN EN.

                  Comment


                  • #10
                    Hello Klasik, apa yang loe ngomongin itu bener juga adanya.... Soal penipuan ID juga, namanya aja dunia maya, nickname aja bole pake asal-asalan apalagi cuman lokasi. Kadang juga orang ga baca dulu yang teliti dan suka ngomong sembarangan penuh curiga....

                    Nah, saran gue buat loe, loe jujur aja deh tuh lagi di Singapore apa ga? Kalo gue sih dah ganti juga lokasi ID gue. Gue emang netap di Aussie cuman sekarang lagi bener2 di Jambi, makanya sekarang lokasi gue tulisnya sementara JAMBI... Ga perlu pusing banget buat soal ini


                    Salam hangat TAO. XIE SHEN EN.

                    Comment


                    • #11
                      tcsth,,, hallo semua.. menurut ku mau pake nick name ato lokasi apapun dimanapun,,, itu sih ga masalah , ini hanya sebuah diskusi internet, akan ketahuan kok yang mana bener2 serius orang siutao dan yang bukan, yang penting kita sebagai orang tao berusaha menjaga web site ini dengan baik, berilah penjelasan sesuai porsi pertanyaan topiknya. Jika memang ada penghianat yang mau mengacaukan forum ini,,,, saya rasa.... kalo memang bener2 taoyu dia tidak akan terpengaruh kok... malah dia akan membantu menjaga forum ini... saran saya kita para toyu harus bersatu... xie xie

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by SHAN_MAO View Post
                        Ta Chia Siek Tao Hao,

                        Hallo klasik, ketika akhirnya ketahuan dia memanipulasi ID dan berbohong apakah itu bukan hasil kewaspadaan yg sesungguhnya! Dan ketika ada yg cuma ngomong doank, pakai bilang kalau yg ditaoying melebihi 10 orang, sudah masuk rekord baru, apakah dia itu taoyu yg sebenarnya!?! ........... ha... ha... ha :cool:

                        Belang2 seperti ini, jamak terjadi di forum internetan, jadi kalau mau berkontribusi silahkan berbuat yg nyata saja kayak username begitu, jangan diteruskan gaya begundalan kamu itu!!! ............ ha... ha... ha :sure:

                        Salam hangat TAO. XIE SHEN EN.
                        Sayang disayang, ingin menjadi Pakar teori Tao, tidak mengerti apa itu teori Tao dan pelaksanaannya "Lapang Dada timbulnya dari batin", "Batin bersih pikiran jernih".

                        Comment


                        • #13
                          Ta Chia Siek Tao Hao,

                          Hallo lhc, betul sekali pendapat anda, jadi sebetulnya mau pakai nick apapun atau lokasi apapun tidak masalah, toh nantinya juga ketahuan yg mana benar2 orang SIUTAO atau nggak! ............ Makanya kalau orang yg benar2 SIUTAO, ya nggak perlulah buru2 ganti alamat hanya ngotot ingin menunjukkan bahwa dia tidak berbohong! Cukup minta maaf dan bilang aja agak lupa sedikit! Beres!......... ha... ha... ha :yociexp115:

                          Berbohong atau tidak ,toh akan ketahuan dengan sendirinya! Kan sudah terbukti kalau para pembaca disini itu sangat waspada dan jeli dalam menilai sesuatunya! ......... Iya nggak??? :sure: Jadi ya percuma aja mau nutup2 pin dengan cara apapun, yg penting konsisten berusaha memberikan kontribusi yg terbaik buat STC ini! ......... Betul nggak!?! ............ ha... ha... ha :yociexp115:

                          Yang penting, tugas kita adalah sedapat mungkin memberi dorongan dan nasehat bagi yg ingin memberikan kontribusinya seperti yg ditunjukkan username akhir2 ini lho! ........... ha... ha... ha :smile: Kalau terhadap yg cuma bisa menggong-gong ya kita berperan sebagai KAFILAH berlalu dengan bersiul saja deh!!! .......... Iya nggak??? ........ ha... ha... ha :cool:

                          Salam hangat TAO. XIE SHEN EN.

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by lhc View Post
                            tcsth,,, hallo semua.. menurut ku mau pake nick name ato lokasi apapun dimanapun,,, itu sih ga masalah , ini hanya sebuah diskusi internet, akan ketahuan kok yang mana bener2 serius orang siutao dan yang bukan, yang penting kita sebagai orang tao berusaha menjaga web site ini dengan baik, berilah penjelasan sesuai porsi pertanyaan topiknya. Jika memang ada penghianat yang mau mengacaukan forum ini,,,, saya rasa.... kalo memang bener2 taoyu dia tidak akan terpengaruh kok... malah dia akan membantu menjaga forum ini... saran saya kita para toyu harus bersatu... xie xie
                            TaCiaSieTaoHaw,

                            Betul bro, makanya saya juga terus terang rada curiga....ngakunya orang Tao, kok malah ngaco di rumah sendiri...
                            Ah...yang seperti ini curiga berlebihan ngga ya?
                            :khi7j:

                            SiuTaoTaCiaHaw.

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by USERNAME View Post
                              wei Leon,

                              bener banget tuh emang yg paling parah tuh mencurigai orang bercurigai berlebihan. Itu emang bener2 bahaya, nah makanya gue bikin topik ini karna kayaknya emang sifat curiga itu makin lama makin jadi fenomena di masyarakat kita.

                              Nah, supaya jangan ingin curiga berlebihan itu yang gimana caranya?

                              Salam Hangat Tao. XIE SEN EN
                              Caranya??? Sebelum anda nulis topik ini hilangkan rasa curiga dan dendam anda!

                              Comment

                              Working...
                              X

                              Fatal error: Uncaught Database error in vBulletin 5.0.4: Invalid SQL: /** saveDbCache */ SELECT * FROM vbstc_cacheevent WHERE cacheid IN ('channelperms_1','vb_readperms','getSearchResults_6dfee0778d2d757bffd8dc8352b0eda2','pageNav_3','vbnodetext3685_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_3685_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32606_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32606_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32615_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32615_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32639_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32639_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32641_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32641_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32650_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32650_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext32659_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_32659_-1_0:e38af25796d in /home/siutaoc/public_html/community/core/vb/database.php on line 1191