This topic is closed
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Belajar ilmu hitam

    Bila saya dulu pernah sedikit-sedikit belajar ilmu hitam, meskipun tidak pernah praktek cuma belajar saja, sekarang sudah tidak kok, apakah mempengaruhi SIUTAO saya? Xie2.

  • #2
    TaCiaSieTaoHaw,

    Menurut saya, putih dan hitam hanyalah istilah...
    Ilmu bagaikan sebuah pisau.....bagaimana anda menggunakannya itulah yang akan memunculkan istilah hitam, putih, dlll..

    Karena kurang etis di sini untuk menyebut nama ilmu yang anda pelajari, saya sarankan anda untuk menalar sendiri...
    Yah, misalkan anda bilang: belajar ilmu menahan napas....nah, tentu saja akan mempengaruhi latihan QiGong ke arah yang lebih baik tentunya......dll...dlll....

    SiuTaoTaCiaHaw.

    Comment


    • #3
      Menurut saya yang penting anda sudah tidak mempelajarinya lagi.
      Perlahan2 jika anda belajar siutao pasti akan mengikis sisa2 ilmu hitam yang pernah anda pelajari lalu.
      Ok!

      Comment


      • #4
        Originally posted by simba
        Bila saya dulu pernah sedikit-sedikit belajar ilmu hitam, meskipun tidak pernah praktek cuma belajar saja, sekarang sudah tidak kok, apakah mempengaruhi SIUTAO saya? Xie2.
        Da Jia Xue Dao Hao

        Hallo Simba, salam kenal.. :wink:
        Sebenarnya memang seperti kata Sponbob, bahwa ilmu putih dan hitam hanyalah istilah...
        Ilmu bagaikan sebuah pisau.....bagaimana anda menggunakannya itulah yang akan memunculkan istilah hitam, putih, dlll..
        Namun memang ada juga ilmu2 kesaktian/magic dll yang mempunyai efek yang tidak baik/buruk bagi orang yang mempelajarinya :arrow: saya rasa ngak perlu dibahas lebih lanjut deh.. :wink:

        Benar kata Sanman89, bagi yang telah belajar TYS, semenjak di TaoYing biasanya FFS menetralkan orang tsb dari ilmu2 yg dimaksud, dengan kata lain ilmu tsb akan lepas dan tdk akan kembali lagi..jadi ngak perlu kuatir dengan hal tsb, yang penting adalah motivasi SiuTaonya harus tepat dan baik :idea:

        Salam hangat :D
        Xue Dao Da Jia Hao

        Comment


        • #5
          Apa artinya setelah belajar tao maka yg ilmu hitam di suci kan?

          Comment


          • #6
            Halo Simba,

            Belajar ilmu hitam itu macam2. Terutama cara serta syarat untuk mempelajarinya! Nah kalau cuma mempelajari saja tanpa menjalankan syarat yang aneh2 (menyimpang, misalnya, bongkar kuburan, makan mayat, membunuh orang, bikin orang bangkrut, dll), maka ilmu hanyalah ilmu belaka.

            Jika anda telah melakukan syarat2 terkutuk, maka meskipun anda sekarang telah SiuTao (& TYS), tetap saja anda harus menerima akibat dari perbuatan anda terdahulu. Hanya saja anda sekarang sudah punya pegangan, penopang, telah ada yang membantu anda menghadapi masalah yang telah anda perbuat!

            Apakah setelah belajar Tao, Siutao/TYS, maka dosa anda disucikan? Enak aja!!! Mana ada hal seperti itu! Pakai dong nalar kita !

            Mengenai ilmu hitam lainnya? (tanpa syarat aneh2 saat belajarnya!) Ya, seperti saja katakan di atas, ilmu tinggallah ilmu, jika digunakan untuk kejahatan, jadilah ilmu hitam, jika untuk kebaikan, jadilah ilmu putih.

            Contoh, ilmu pelet! Apakah ilmu putih? Ah ... rasanya sih ilmu hitam deh!
            Tapi kalau kita mempergunakan ilmu tsb agar orang yg dimaksud mau menurut kepada kita dan meninggalkan kebiasaan buruk/jahat-nya. Bukankah ini justru berguna? So .... black or white ???

            Salam Tao,

            Comment


            • #7
              TaCiaSieTaoHaw,

              Betul itu bro.
              Memang kita sebaiknya selalu melihat dari kacamata umum'nya terlebih dahulu.
              Contohnya seperti yang dikemukakan oleh bro Leon barusan.
              Kalo ditanya oleh orang, ilmu pelet itu ilmu hitam atau putih?...ya jelas saja jawabnya ilmu hitam donk...
              Ilmu kedokteran? Ya ilmu putih donk.
              Ilmu farmasi? Juga ilmu putih...
              Pisau? Ini benda tajam, jadi berguna atau berbahaya, tergantung penggunanya.
              Ilmu, dalam penerapannya, yang paling penting adalah hati nurani pengguna'nya.

              SiuTaoTaCiaHaw.

              Comment


              • #8
                Da Jia Xue Dao Hao

                Hallo Genta salam kenal :D
                Maksudnya, jika kita di Taoying, kemampuan ilmu hitam tsb akan hilang, mengenai dosa dan karma yang musti ditanggung atas perbuatan mencelakakan orang dgn ilmunya tsb ya jelas harus tetap ditanggung :idea:

                Salam hangat :D
                Xue Dao Da Jia Hao

                Comment


                • #9
                  Ta Cia Siek tao Hao,

                  Hallo nan_S, jika sudah di Taoying lantas masih berfikir Ilmu Hitam tersebut akan hilang hilang atau tidak. Berarti "bertobat"nya masih tidak sungguh2, masih ada rasa "sayang" untuk membuang yang lama (dalam konteks Ilmu Hitam).

                  Dalam hal ini bagaimana FFS akan membantu untuk membersihkannya, jika Taoyu yang dibimbingnya justru masih "meragukan" Beliau (FFS). Bisa jadi karena "keraguan" yang masih ada dalam diri Taoyu tsb, FFS juga akhirnya ngak bisa bantu apa2, lha yang punya diri saja masih "ragu".


                  Salam Hangat TAO,
                  Tjing Wen

                  Comment

                  Working...
                  X

                  Fatal error: Uncaught Database error in vBulletin 5.0.4: Invalid SQL: /** saveDbCache */ SELECT * FROM vbstc_cacheevent WHERE cacheid IN ('channelperms_1','vb_readperms','getSearchResults_c8968dfc1b71a04cd89508f1912b55e0','vbnodetext2952_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_2952_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28896_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28896_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28904_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28904_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28914_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28914_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28923_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28923_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28929_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28929_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext28944_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_28944_-1_0:e38af25796de1237119d539 in /home/siutaoc/public_html/community/core/vb/database.php on line 1191