This topic is closed
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Lepas dari karma

    Hi salam kenal. Apa manusia bisa lepas dari karma? Ato selalu terikat dng karma? Kamsia.

  • #2
    ni hao :D

    salam kenal juga.

    mau tanya dulu nih..pengertian kamu ttg karma apa ya?

    xie-xie

    Comment


    • #3
      Karma dikenal oleh berbagai Agama baik itu Tao, Hindu, Buddha, Kristen maupun Islam.
      Dalam Tao Karma tidak dijelaskan secara nyata, begitu juga dalam kitab suci agama kristen/ katolik dan Islam.
      Ada tidaknya Karma identik dengan ada tidaknya reinkarnasi.

      Singkatnya :
      Bagi yang percaya Tuhan itu ADA, Maha ADIL dan Maha KUASA.
      Maka logikanya orang yang Cacat Lahir dan harus menderita seumur hidup pasti sedang menjalani karma buruknya di kehidupan ini.
      Kalau tidak ada reinkarnasi dan karma berarti Tuhan tidak Maha Adil dan tidak Maha Kuasa.

      Comment


      • #4
        Mengingat hukum Tuhan adalah hukum Tao / Harmoni / Maha Adil, maka manusia tidak bisa lepas dari karma.
        Kalau karma buruk kita tidak kita bayar dengan AMAL (Aku Menolong Anda Lupakan/ Anda Menolong Aku Lupakan), maka yang bersangkutan harus menerima karma buruknya dalam bentuk mengalami bobot derita seperti derita yang diciptakannya terhadap manusia lain baik dikehidupan ini manupun dikehidupan lalu.
        Kesimpulan :
        Manusia tidak selalu terikat karmanya selama masih ada kesempatan, karena dapat dibayar dengan Amal perbuatan nya.

        Comment


        • #5
          Da Jia Hao...

          Manusia yg mempunyai karma buruk tidak bisa lepas dari karma buruk itu sendiri...karma buruk itu tetap mengikuti dan tinggal menunggu waktu yg tepat saja...Tidak seperti hukum di dunia, hukum karma tidak bisa ditawar2, manusia tidak bisa lari dan kabur dari karma buruk itu...

          Ada satu contoh cerita: (mohon maaf kalo ngambil cerita ini)
          Guan Yu atau Guan Kong atau Guan Se Te Kun...dalam cerita 3 negara (Samkok)...berperang melawan musuh untuk menyatukan daratan Tiongkok pada saat itu...dan untuk menyelamatkan rakyat Tiongkok dari perpecahan...Di situ Guan Yu membunuh bukan karena dia suka membunuh...tp demi kesetiaannya pada negara dan demi menyelamatkan banyak rakyat pada waktu itu... :arrow:
          Tapi apakah karma buruk Guan Yu karna membunuh itu hilang begitu saja oleh jasa Guan Yu yg besar menyatukan daratan Tiongkok dan menyelamatkan banyak rakyat?? :?:
          Dalam sejarah Guan Yu telah memenggal banyak orang, maka karma buruk yg harus dibayar Guan Yu pada waktu itu juga sama yaitu ketika Guan Yu meninggal, kepalanya juga dipenggal, dan bukan itu saja, kepala, badan, dan anggota tubuh lainnya terpencar-pencar...Tp setelah karma itu terbayar...tubuhnya berhasil dijadikan satu untuk diperlakukan lebih hormat... :?

          Sekian Xie2 Dui Bu Ci...Zaijian

          Comment


          • #6
            Ta Chia Siek Tao Hao,
            Hallo Robin, mulai ngawur lagi ya!!! :arrow: :arrow: :arrow: Coba tunjukkan dibuku mana sih yg menulis kalau Kuan Yu itu dimutilasi seperti gossip kamu itu!!! .......... 8) 8) 8) 8) 8) ......... Beliau memang dihukum pancung oleh musuhnya, tapi kemudian dikubur dengan baik dengan upacara yg sangat terhormat oleh Cao Cao (Bekas Musuh yg pernah ditolong beliau!) :idea: :idea: :idea:

            Jadi disini terlihat bedanya, ada orang yg matinya sangat berbobot, tapi banyak juga orang yg matinya sangat konyol, karena itu tidak bisa disamaratakan bahwa Kuan Yu meninggal begitu karena sudah membunuh banyak orang secara langsung. ........... ha... ha... ha :idea: :idea: :idea:

            Lha kalau begitu, kenapa Cu Ghe Liang yg merupakan otak (Arsitek perangnya) koq malah meninggalnya bukan dipenggal musuh??? ........ he... he... he :idea: :idea: :idea:

            Salam hangat TAO.

            Comment


            • #7
              Ta Chia Siek Tao Hao,
              Hallo Robin, mulai ngawur lagi ya!!! :arrow: :arrow: :arrow: Coba tunjukkan dibuku mana sih yg menulis kalau Kuan Yu itu dimutilasi seperti gossip kamu itu!!! .......... 8) 8) 8) 8) 8) ......... Beliau memang dihukum pancung oleh musuhnya, tapi kemudian dikubur dengan baik dengan upacara yg sangat terhormat oleh Cao Cao (Bekas Musuh yg pernah ditolong beliau!) :idea: :idea: :idea:
              Hallo Shan Mao, ada kesalahan yg saya tulis, karna saya sudah agak lupa ceritanya...Jadi mohon maaf...Memang Guan Yu tidak dimutilisasi...tapi hanya dipenggal saja...Terima kasih atas koreksinya...

              Jadi disini terlihat bedanya, ada orang yg matinya sangat berbobot, tapi banyak juga orang yg matinya sangat konyol, karena itu tidak bisa disamaratakan bahwa Kuan Yu meninggal begitu karena sudah membunuh banyak orang secara langsung. ........... ha... ha... ha :idea: :idea: :idea:
              Eit...Guan Yu memenggal banyak orang, maka dari itu cara meninggalnya juga sama (dipenggal)...tapi karna jasa besarnya itu, rasa kesetiaannya, dan sifat ksatrianya sangat dikagumi oleh Chao Chao maka kepala Guan Yu dan badannya yg td nya terpisah disatukan dan dikubur secara terhormat...
              Cara meninggalnya tragis...itu karna beliau dibayar karma buruknya itu...Tapi cara penguburannya terhormat dan jasa2 nya sampai sekarang tidak pernah dilupakan orang banyak...itu karna jasa besarnya (pahala) menyelamatkan lebih banyak rakyat dan rasa kesetiaan dan ksatrianya...

              Lha kalau begitu, kenapa Cu Ghe Liang yg merupakan otak (Arsitek perangnya) koq malah meninggalnya bukan dipenggal musuh??? ........ he... he... he :idea: :idea: :idea:

              Salam hangat TAO.
              Zhu Ge Liang memang otak nya, tapi dia hanya menjalankan tugas, dan dia memakai otaknya juga bukan karna dia senang membunuh...Memang tidak dipenggal...tapi cara meninggalnya juga sama yaitu diakali musuh...

              Sekian ZAijian... :)

              Comment


              • #8
                Originally posted by Robin
                Ada satu contoh cerita: (mohon maaf kalo ngambil cerita ini)
                Guan Yu atau Guan Kong atau Guan Se Te Kun...dalam cerita 3 negara (Samkok)...berperang melawan musuh untuk menyatukan daratan Tiongkok pada saat itu...dan untuk menyelamatkan rakyat Tiongkok dari perpecahan...Di situ Guan Yu membunuh bukan karena dia suka membunuh...tp demi kesetiaannya pada negara dan demi menyelamatkan banyak rakyat pada waktu itu... :arrow:
                Tapi apakah karma buruk Guan Yu karna membunuh itu hilang begitu saja oleh jasa Guan Yu yg besar menyatukan daratan Tiongkok dan menyelamatkan banyak rakyat?? :?:
                Dalam sejarah Guan Yu telah memenggal banyak orang, maka karma buruk yg harus dibayar Guan Yu pada waktu itu juga sama yaitu ketika Guan Yu meninggal, kepalanya juga dipenggal, dan bukan itu saja, kepala, badan, dan anggota tubuh lainnya terpencar-pencar...Tp setelah karma itu terbayar...tubuhnya berhasil dijadikan satu untuk diperlakukan lebih hormat... :?
                Robin, kalau kamu anggap Guan Yu meninggal dipenggal karena mendapatkan karma buruk karena telah membunuh banyak orang selama dia menjadi tentara/jenderal, maka pikiran kamu sangat amat picik sekali. Sekilas saya menebak bahwa kamu adalah orang yang tidak bisa bertanggung jawab dan bisanya hanya melempar tanggung jawab atau mencari kambing hitam... :) :) :) Benar?...... :) :) :)

                Dan tidak pernah terjadi tubuh Guan Yu (kepala, badan dan anggota tubuh lainnya dipencar-pencar). Yg terjadi adalah saat Guan Yu kalah perang, oleh negara musuh disuruh menyerah. Tetapi Guan Yu menolak sehingga beliau beserta anaknya dipenggal. Saat mengetahui Guan Yu dipenggal, bahkan Cao Cao (Ingat Cao Cao nggak? Cao Cao adalah kepala negara musuh yang negaranya juga bermusuhan dengan Liu Bei, atasan sekaligus kakak angkat Guan Yu) murka. Cao Cao mengancam negara yang telah memenggal Guan Yu untuk menyerahkan jenasah Guan Yu atau apabila menolak maka negaranya akan diserang. Karena takut maka jenasah Guan Yu diserahkan kepada Cao Cao. Dan oleh Cao Cao dikuburkan dengan penuh hormat.

                Lihatlah Robin...... Bahkan negara musuhpun sangat menghormati dan menyanjung Guan Yu, bahkan setelah beliau tiada........

                Atau kalau ada mesin waktu (Kalau ada)....... Mungkin salah seorang yang pernah dilindungi Guan Yu adalah garis keturunan langsung kamu.... :) :) :) :)

                Eh ngomong-ngomong kamu kebanyakan baca komik kacangan kali yach......

                Originally posted by Robin
                Zhu Ge Liang memang otak nya, tapi dia hanya menjalankan tugas, dan dia memakai otaknya juga bukan karna dia senang membunuh...Memang tidak dipenggal...tapi cara meninggalnya juga sama yaitu diakali musuh...
                Zhuge Liang meninggal bukan diakali musuh..... Zhuge Liang meninggal karena dia bekerja terlalu keras sehingga kesehatannya menurun, sakit lalu meninggal.... Bahkan saat Zhuge Liang tidak fit, jenderal musuh begitu tetap menghormatinya........ Sebelum Zhuge Liang meninggal beliau sudah tahu siapa saja duri atau masalah yang akan timbul sehingga membuat berbagai rencana..... Dng tipu muslihatnya (Setelah beliau meninggal) pasukan musuh berhasil dipukul mundur... Hingga jenderal musuh sangat kagum, bahkan Zhuge Liang yang telah tiada berhasil mengalahkan dirinya yang masih hidup.... Juga berhasil membekuk salah satu jenderal bawahannya sendiri yang ingin memberontak......

                Robin, mbok ya kalau baca jangan komik kacangan gitu.... Merusak pikiran...... :) :) :)

                Comment


                • #9
                  Robin, kalau kamu anggap Guan Yu meninggal dipenggal karena mendapatkan karma buruk karena telah membunuh banyak orang selama dia menjadi tentara/jenderal, maka pikiran kamu sangat amat picik sekali. Sekilas saya menebak bahwa kamu adalah orang yang tidak bisa bertanggung jawab dan bisanya hanya melempar tanggung jawab atau mencari kambing hitam... :) :) :) Benar?...... :) :) :)
                  Benar. Sekilas terlihat picik. Tp saya bukan yg pencipta hukum Karma. Hukum Karma memang lah demikian. Guan Yu memang berjasa besar karna sifat ksatria dan kesetiaanya...bahkan musuhnya pun kagum...tapi musuh Guan Yu bukan cm Chao2 bung...Guan Yu kalah, tp dia pantang menyerah dan menolak untuk menyerah, dan karna itu dia dipenggal...Lalu apa salahnya beliau telah membayar karma buruknya?? Sama saja kan...karma buruk Guan Yu terbayar...pada saat dia dipenggal...

                  Dan tidak pernah terjadi tubuh Guan Yu (kepala, badan dan anggota tubuh lainnya dipencar-pencar). Yg terjadi adalah saat Guan Yu kalah perang, oleh negara musuh disuruh menyerah. Tetapi Guan Yu menolak sehingga beliau beserta anaknya dipenggal. Saat mengetahui Guan Yu dipenggal, bahkan Cao Cao (Ingat Cao Cao nggak? Cao Cao adalah kepala negara musuh yang negaranya juga bermusuhan dengan Liu Bei, atasan sekaligus kakak angkat Guan Yu) murka. Cao Cao mengancam negara yang telah memenggal Guan Yu untuk menyerahkan jenasah Guan Yu atau apabila menolak maka negaranya akan diserang. Karena takut maka jenasah Guan Yu diserahkan kepada Cao Cao. Dan oleh Cao Cao dikuburkan dengan penuh hormat.
                  Sudah saya koreksi diatas. Memang terjadi kesalahan karna saya agak lupa ceritanya. Karna saya nonton di Tv waktu kecil. Mohon maaf. Dan terima kasih atas koreksinya. Guan Yu memang tidak dimutasi, tapi dipenggal. Nah karna jasa besar, sifat ksatria, dan kesetiaannya itulah yg membuat kagum Chao2...Shg Chao2 menguburkan Guan Yu dengan hormat...Lalu apa bedanya karna karma baik Guan Yu, Guan Yu dikuburkan secara terhormat??? Toh karma buruk Guan Yu sudah terbayar...yaitu tadi...

                  Lihatlah Robin...... Bahkan negara musuhpun sangat menghormati dan menyanjung Guan Yu, bahkan setelah beliau tiada........
                  Itu karna karma baik Guan Yu...Dan karma buruk Guan Yu sudah terbayar waktu cara meninggalnya bukan...Guan Yu dihormati oleh orang2 yg kagum akan kepahlawanannya...bukan karna dia suka membunuh...sudah saya jelaskan diatas...

                  Atau kalau ada mesin waktu (Kalau ada)....... Mungkin salah seorang yang pernah dilindungi Guan Yu adalah garis keturunan langsung kamu.... :) :) :) :)
                  Kebanyakan nonton Doraemon...sama ky Robin hehehe....

                  Eh ngomong-ngomong kamu kebanyakan baca komik kacangan kali yach......

                  Originally posted by Robin
                  Zhu Ge Liang memang otak nya, tapi dia hanya menjalankan tugas, dan dia memakai otaknya juga bukan karna dia senang membunuh...Memang tidak dipenggal...tapi cara meninggalnya juga sama yaitu diakali musuh...
                  Zhuge Liang meninggal bukan diakali musuh..... Zhuge Liang meninggal karena dia bekerja terlalu keras sehingga kesehatannya menurun, sakit lalu meninggal.... Bahkan saat Zhuge Liang tidak fit, jenderal musuh begitu tetap menghormatinya........ Sebelum Zhuge Liang meninggal beliau sudah tahu siapa saja duri atau masalah yang akan timbul sehingga membuat berbagai rencana..... Dng tipu muslihatnya (Setelah beliau meninggal) pasukan musuh berhasil dipukul mundur... Hingga jenderal musuh sangat kagum, bahkan Zhuge Liang yang telah tiada berhasil mengalahkan dirinya yang masih hidup.... Juga berhasil membekuk salah satu jenderal bawahannya sendiri yang ingin memberontak......

                  Robin, mbok ya kalau baca jangan komik kacangan gitu.... Merusak pikiran...... :) :) :)
                  [/quote]

                  Wah salah lagi. Maaf dech. Saya sudah lupa bgt ceritanya. Sekarang ada yg ceritain lagi jadi ingat. Terima kasih atas koreksinya. Yah Zhuge Liang kan memutar otak bukan karna dia senang membunuh. Tapi demi negaranya. Kesetiaanya dan kemampuannya itu dikagumi oleh banyak jenderal2 di jaman itu. Sayang umurnya pendek....

                  Xie2 n Dui Bu Qi...
                  Zaijian

                  Comment


                  • #10
                    Wah2... koq bisa ya Guan Yu terpenggal karena dia membayar karmanya, tapi Zhuge Liang yang otaknya malah melakukan demi negara dan dia mati bukan karna karma :?: :?: Apa Guan Yu juga membunuh bukan demi negara :?: :?:

                    Terus bagaimana dengan Zhao Yun atau Zhai Zi Long :?: :?: Apa kematiannya itu karna karmanya atau demi negara :?: :?: Dia banyak jga tuh memenggal kepala musuh, dan ingat Zhao Yun juga yg menyelamatkan anak Liu Bei itu :?: :?:

                    Gimana dgn kematian Zhang Fet :?: :?: Apa dia dibunuh anak buahnya karna karmanya :?: :?:


                    tQ

                    Comment


                    • #11
                      Ta Chia Siek Tao Hao,
                      Hallo Longhu, bagus sekali cara anda mengingatkan Robin. :idea: :idea: :idea:

                      Eh Robin, lain kali kalau menulis sesuatu jangan asal nulis begitu, kamu kira asal ngomong maaf, terus sudah beres dosanya!?! ........... Ingat ya kamu sedang memfitnah Dewa Kuang Khong lho!!! ........ Cepat pergi ke Tuban dan minta maaf pada Beliau. 8) 8) 8) 8) 8)

                      Soal karma yg kamu tulis itu, semuanya cuma tafsiran kamu pribadi..... :arrow: ....... Lihat Cao Cao, berapa banyak beliau memenggal kepala orang, tapi meninggalnya toh tidak dipenggal juga tuh. ........... ha... ha... ha :idea: :idea: :idea:

                      Udah, percuma aja diterusin, toh nggak ada hasilnya juga. ....... sebaiknya ingat pesan saya diatas aja deh. :idea: :idea: :idea:

                      Salam hangat TAO.

                      Comment


                      • #12
                        Ta Chia Siek Tao Hao,
                        Hallo Longhu, bagus sekali cara anda mengingatkan Robin. :idea: :idea: :idea:

                        Eh Robin, lain kali kalau menulis sesuatu jangan asal nulis begitu, kamu kira asal ngomong maaf, terus sudah beres dosanya!?! ........... Ingat ya kamu sedang memfitnah Dewa Kuang Khong lho!!! ........ Cepat pergi ke Tuban dan minta maaf pada Beliau. 8) 8) 8) 8) 8)
                        Iyo iyo...khan saya hanya ambil contoh...makanya saya menggunakan kata Guan Yu bukannya Guan Gong...karna nama Guan Gong pas Guan Yu sudah menjadi Dewa...Maksud Shan Mao "Kwan Sing Bio"...sudah lama ga kesana...ntar dech kapan2 kesana....hehehe....

                        Soal karma yg kamu tulis itu, semuanya cuma tafsiran kamu pribadi..... :arrow: ....... Lihat Cao Cao, berapa banyak beliau memenggal kepala orang, tapi meninggalnya toh tidak dipenggal juga tuh. ........... ha... ha... ha :idea: :idea: :idea:
                        Eit, hukum Taurat beda dengan hukum Karma...mana bisa dibedakan...untuk Guan Yu hanya salah satu contoh saja...Hukum Karma tidak cuma itu bunk hukumannya...bermacam2 tergantung tingkatannya...
                        Eit memang ada tafsiran sedikit dari saya...tapi Karma sendiri itu tetap berlaku kan...

                        Udah, percuma aja diterusin, toh nggak ada hasilnya juga. ....... sebaiknya ingat pesan saya diatas aja deh. :idea: :idea: :idea:

                        Salam hangat TAO.
                        Adoh...akan saya ingat heuheu...

                        Comment


                        • #13
                          Eit, hukum Taurat beda dengan hukum Karma...mana bisa dibedakan...untuk Guan Yu hanya salah satu contoh saja...Hukum Karma tidak cuma itu bunk hukumannya...bermacam2 tergantung tingkatannya...
                          Eit memang ada tafsiran sedikit dari saya...tapi Karma sendiri itu tetap berlaku kan...
                          @MODERATOR
                          Mohon maaf ada kesalahan menulis...
                          Kata yg saya beri huruf tebal seharusnya: "MANA BISA DISAMAKAN"

                          Terima KAsih
                          Mohon Koreksinya...

                          Comment


                          • #14
                            Wah2... koq bisa ya Guan Yu terpenggal karena dia membayar karmanya, tapi Zhuge Liang yang otaknya malah melakukan demi negara dan dia mati bukan karna karma :?: :?: Apa Guan Yu juga membunuh bukan demi negara :?: :?:
                            Sama2 demi negara, tapi Zhu Ge Liang pake otak, makanya otaknya jadi cape dan kesehatannya menurun...hehehe bercanda...tp ya kira2 begitulah...

                            Terus bagaimana dengan Zhao Yun atau Zhai Zi Long :?: :?: Apa kematiannya itu karna karmanya atau demi negara :?: :?: Dia banyak jga tuh memenggal kepala musuh, dan ingat Zhao Yun juga yg menyelamatkan anak Liu Bei itu :?: :?:
                            Bukan Demi KArma...aduh...Dipahami dulu dunk posting dari Robin...hehehe...Saya tidak begitu ingat akan ceritanya...tapi hukum Karma tidak sama dengan Taurat...Karma buruk dibalas dengan karma buruk itu bukan berarti hukum penggal balas penggal...tapi bisa saja karma buruknya karna membunuh...tapi yg dibayar misalnya dia kecelakaan tapi tidak sampai meninggal...yah kira2 begitulah...Guan Yu hanya salah satu contoh yg saya ambill...

                            Gimana dgn kematian Zhang Fet :?: :?: Apa dia dibunuh anak buahnya karna karmanya :?: :?:
                            Mungkin Iya...Tp Semua itu hanya YM Kuasa yang tau...

                            Tq...

                            Comment


                            • #15
                              Hallo Daoren, Lim. ni men hao.
                              saya tau kalian paling bagus dalam menulis dan didukung ama pengetahuan Tao yg lumayan tinggi.
                              Ini ribut ribut soal soal cerita SAMKOK.
                              menurut kalian SAMKOK ini kisah nyata yg terjadi apa karangan cerita?
                              salam sejahtera:
                              ching2.

                              Comment

                              Working...
                              X

                              Fatal error: Uncaught Database error in vBulletin 5.0.4: Invalid SQL: /** saveDbCache */ SELECT * FROM vbstc_cacheevent WHERE cacheid IN ('vb_readperms','getSearchResults_e340db6b3097f128371e2e5e167a5f37','pageNav_2','vbnodetext1368_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_1368_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19571_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19571_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19573_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19573_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19574_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19574_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19577_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19577_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19594_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19594_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext19608_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5d806','vbnodetext_pre_19608_-1_0:e38af25796de1237119d539f36b5 in /home/siutaoc/public_html/community/core/vb/database.php on line 1191